External Engagement

External Engagement

1. Kampanye Hari Perdamaian

–  Kampanye Hari Perdamaian Vol.1

       Dalam rangka memperingati Hari Perdamaian Internasional yang jatuh pada tanggal 21 September, maka KITA Foundation selaku lembaga yang bergerak pada bidang perdamian turut memperingati hari tersebut dengan melakukan kampanye perdamaian. Rangkaian acara Kampanye perdamaian dibagi ke dalam dua sesi kegiatan: advokasi perdamaian melalui radio lokal, dan pada puncak acara yaitu menggelar aksi perdamaian. Pada rangkaian kampanye hari perdamaian tahun 2015 yayasasan Kita Bhinneka bekerjasama dengan Peace Generation Indonesia mengadakan acara Kampanye Hari Perdamaian di Anjungan Pantai Losari.

         – Kampanye Hari Perdamaian Vol.2

Pada tahun 2016, masih di tempat yang sama, Anjungan Pantai Losari, diadakan acara Renungan Perdamaian yang dihadiri oleh Wakil Walikota Makassar, Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos, M.Si.

         – Kampanye Hari Perdamaian Vol.3

Kampanye Hari Perdamaian Internasional pada tahun 2018 dikemas sedikit berbeda, berkolaborasi 12 organisasi dan komunitas dengan fokus yang sama yaitu pendidikan perdamaian dengan segmentasi yang berbeda-beda membuat acara Aksi Damai Memperingati Hari Perdamaian Internasional melalui Aksi Online dan Offline. Kampanye online dilakukan melalui Twibbon dan upload e-poster “Hari Perdamaian Internasional” secara serempak oleh seluruh organisasi yang terlibat. Sedangkan untuk kampanye offline dilakukan aksi damai berupa penandatanganan petisi yang bertuliskan “Kami Menjunjung NIlai-nilai Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge untuk Mewujudkan Makasar yang Lebih Damai” di atas spanduk sepanjang 5 meter, juga diadakan aksi simbolik bagi bunga yang disisipkan pesan-pesan perdamaian kepada masyarakat Makassar yang kebetulan berada di area Car Free Day.

 2. Bincang Damai

– Vol 1: Together for Peace

        Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, tanggal 1 Oktober 2017, bertempat di Kantor Kita di Pettarani Business Centre diadakan Bincang Damai dengan mengundang Brigpol Muhammad Hilal dari Polrestabes Makassar dan Donny Saluling dari perwakilan Wanadri untuk bicara soal membangun budaya perdamaian di tengah konflik sosial dan organisasi. Acara ini sekaligus merupakan acara peresmian kanor baru Kita Foundation di Makassar yang sebelumnya bertempat di Kabupaten Gowa.

         – Vol 2 : Sharing Session Appreciative Inquiries dan brainstrorming

Berbeda dengan konsep tahun lalu, Bincang Kita vol. 2 menyasar pada segmentasi peserta yang lebih spesifik, yaitu teman-teman komunitas, organisasi, dan lembaga yang berasal dari bidang yang sama, yaitu bidang perdamaian, resolusi konflik, dan social justice. Agendanya antara lain: sharing session oleh Pak Gego (Dosen Unhas jurusan HI, FISIP) terkait metodologi Appreciative Inquiries (AI) di dalam pergerakan perdamaian, dan disusul dengan agenda brainstorming terkait upaya bersama dalam rangka pelestarian budaya perdamaian yang bekelanjutan di Makassar.

3. Fundraising Event: Istirahatlah Kata-Kata Movie Screening and Discussion

          Istirahatlah Kata-Kata adalah film fiksi sejarah mengangkat kisah perjuangan penyair Wiji Thukul yang menuntut keadilan kepada pemerintah melalui gerakan-gerakan, orasi dan puisinya. Film ini digarap oleh sutradara muda Yosep Anggi Noen. Screening film Istirahatlah Kata-Kata dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada tanggal 21-22 Februari 2018 dan merupakan salah satu rangkaian acara ulang tahun Revius Webzine yang bertajuk “Revius Week”. Acara ini diadakan di Café Secangkir lt. 3. Hadir sebagai narasumber untuk sesi diskusi adalah Rachmat Hidayat Mustamin, penulis sekaligus filmmaker muda asal Makassar.

4. Kita Peduli Palu Fundraising

        Pada Tanggal 28 September di Palu, Sigi, Donggala dan sekitarnya  terjadi gempa da dan tsunami yang masuk dalam ategori Becana Nasional karena menewaskan ribuan orang meninggal dan luka-luka. Untuk itu KITA Foundation berinisiatif untuk menggalang dana untuk membantu beban saudara-sadari d Palu melalui open donation berupa barang dan logistik serta donasi uang melalu rekening KITA. Kegiatan pengumpulan dana melalui rekening KITA ditutup pada tanggal 4 dengan menggelar Konser Malam Fundraising dengan bintang tamu Nova Ruth seorang Aktivis Lingkungan dan Musisi, dan HAS musisi akustik

ini bekerjasama dengan Toko Stracross dan Cafe Secangkir Kopi. Dana yang tekumpul sebesar Rp 26.490.472,- didistribusikan melalui Tim SAR Wanadri dan Tim Relawan Gemma9.

5. Kegiatan Kolaborasi:

     a. PeaceTival oleh Peace Generation

Dalam rangka melakukan kampanye perdamaian yang produktif sekaligus mempererat jalin kerjasama antar organisasi dan aktifis perdamaian se-Indonesia, maka pada Bulan Februari 2017, KITA Foundation turut meramaikan acara PeaceTival yang diselenggarakan oleh Peace Generation Indonesia. Pada kesempatan tersebut, KITA Foundation berkesempatan memasang booth pameran terkait profil dan kegiatan-kegiatan yang pernah dan akan dibuat.

      b. Boardgame for Peace oleh Peace Generation Indonesia

Salah satu upaya Kita Foundation di dalam menunjukkan komitmenya untuk menjaring agen-agen muda perdamaian adalah melalui kegiatan perekrutan anak muda sebagai Agen Perdamaian Peace Generation Indonesia ini. Sebagai mitra, Kita Bhinneka mengikutkan beberapa perwakilannya untuk terlibat langsung di dalam acara Board Game for Peace yang dilaksanakan oleh Peacegenid pada tanggal 8 -20 Januari 2018 yang lalu.

       c. Bersinersi Mendorong Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Memperingati Hari Perempuan Internasional 2018, Yayasan BaKTI mengajak beberapa LSM yang fokus terhadap pergerakan dan advokasi terkait anti kekerasan anak dan perempuan salah satunya adalah Kita Foundation untuk ikut terlibat di dalam acara yang diberi nama Aksi Kolektif: Bersinersi Mendorong Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Event ini diselenggarakan di Fort Rotterdam Makassar pada tanggal 24 Maret 2018 yang lalu. Rangkaian kegiatannya adalah diskusi terkait tema di atas, bazaar makanan dan barang-barang jualan booth, pameran kegiatan oleh LSM terkait, dan pemutaran film Posesif.

       d. Banyak Cara Menjadi Indonesia by  Wetheyouth

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Tanggal 28 Oktober, Wetheyouth yang mana adalah NGO pergerakan anak muda dari Jakarta menggelar acara “Banyak Cara Menjadi Indonesia”di sembilan Kota di Indonesia. Salah satu kota yang dituju adalah Makassar, dan KITA Foundation berkesepatan menjadi salah satu organisasi yang terlibat sebagai narasumber tentang nilai-nilai perdamaian dan nilai toleransi sebagai masyarakat Indonesia yang kaya akan perbedaannya.