Education and Research

Education and Research

  1. Free Motoric Intelligence System (MOIS) training untuk guru/profesional/HRD/dosen/PNS

Khusus pada rangkaian kegiatan kampanye perdamaian tahun 2015, Yayasan Kita Bhinneka bekerjasama dengan Veda Praxis Learning Centre mengadakan free motoric intelligence system training untuk guru/profesional/HRD/dosen/PNS yang tertarik dengan isu-isu seputaran pedidikan dan perdamaian di Kawasan Timur Indonesia. tema yang diangkat pada kesempatan tersebut adalah Terprovokasi Diri VS Ketahanan Diri. Training tersebut dilaksanakan di Gedung Grapari Makassar.

  1. Seminar Perdamaian: “Menyelami Keberagaman, Menghargai Perbedaan”

Pada Bulan Oktober Tahun 2015, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, KITA Foundation bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Hasanuddin  mengadakan Seminar Perdamaian dengan tema “Menyelami Keberagaman, Menghargai Perbedaan”. Seminar ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nikai kebhinnekkan serta membangun paradigma mengenai bagaimana menghadapi perbedaan dan persamaan demi mencegah konflik dilingkungan Masyarakat. Narasumber yang hadir antara lain: Dr.  Lambang Trijono (Direktur Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian Universitas Gajah Mada), Almarhum Prof. Ishak Ngeljaratan (Budayawan Makassar) dan Dr. Suparman, M.Si  (Dosen Sosiologi Unhas).

  1. Pelopor Perdamaian

Pelopor Perdamaian adalah program rekrutmen pemuda-pemuda yang peduli dengan kampanye perdamaian untuk bergabung menjadi Pelopor Perdamaian. Pelopor Perdamian ini rutin melakukan sharing session dan melakukan aksi nyata sebagai wujud kepedulian di kota Makassar.

  1. Youth Empowerment for Peace (YEP)

Youth Empowerment for Peace (YEP) adalah program edukasi 12 nilai perdamaian menggunakan modul 12 Nilai Perdamaian Peace Generation Indonesia yang dilakukan selama sekali seminggu selama 3 bulan di sekolah/pesantren/kampus yang terlibat. Beberapa sekolah/pesantren yang pernah ikut program YEP adalah SMK TELKOM Makassar, Pesantren Immim Putra Makassar, dan Pesantren Hafiz Mesjid Baitul Mu’minin Makassar. Di setiap akhir kegiatan YEP ditutup dengan field trip yang sekaligus mengajak para peserta untuk mengenal lebih jauh tempat-tempat menarik dan bersejarah di Sulawesi Selatan.

  1. Training for Peace Educators: Kolaborasi Bersama Membangun Perdamaian Melalui Pendidikan.

Salah satu metode penyebaran nilai-nilai perdamaian secara meluas dan efektif adalah dengan menularkannya kepada guru dari berbagai sekolah agar nilai-nilai perdamaian bisa diaplikasikan ke anak-anak di sekolah tempatnya mengajar masing-masing. Untuk itu, Yayasan Kita mengadakan training for peace educators dengan tema Kolaborasi Bersama Membangun Perdamaian Melalui Pendidikan,  bekerjasama dengan Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI), Australian Consulate-General, dan Peace Generation Indonesia bertempat di Kantor BaKTI, Makassar.

  1. Seminar Perdamaian dan Bela Negara

Untuk kedua kalinya Kita Foundation menggelar seminar perdamaian, kali ini mengangkat tema “Idenititas Sosial, Masyarakat Koletif dan Konflik Identitas: Memahami Fenomena Konflik Identitas, Tantangan, Ancaman, dan Resolusinya”. Acara ini dibuat secara kolaboratif bersama dengan para narasumber, Kantor Rektorat Unhas, dan para supporter lainnya. hadir sebagai narasumber, antara lain: Pof. Dr. Ir. H Nasarudin Salam, MT sebagai Wakil Rektor III Unhas Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Kombes. Pol. Drs. M. Heru Prasetyo selak Direktur Binmas Polda Unhas, Alwy Rachman selaku Budayawan dan Pengajar Fakultas Ilmu Budaya dan Sastra Universitas Hasanuddin, dan Ichsan Malik selaku Ketua IM Centre, Mediator Perdamaian Konflik Maluku, dan Pengajar di Departemen Psikologi Universitas Indonesia dan dosen pengajar mata kuliah Resolusi Konflik dan Konflik Intervensi di Universitas Pertahanan Indonesia. Seminar ini digelar pada tanggal 5 Februari 2017, dari pukul; 08.00 – 15.00, bertempat di Gedung IPTEKS Universitas Unhas Makassar.

  1. Participatory Action Research

PAR adalah metode penelitian dan pengembangan secara partisipatif dalam arti bahwa para peserta baik yang terlibat langsung di dalam masalah atau penelitinya memainkan peran yang sama sebagai tokoh kunci di dalamnya dan memiliki informasi yang relevan tentang sistem sosial (komunitas)yang berada di tengah-tengah pengkajian. Penelitian ini bermaksud membawa perubahan sosial melalui pembahasan topik yang dibahas secara mendalam dan merupakan topik yang dapat diteliti. PAR yang dilaksanakan oleh Kita Foundation selama dua hari, pada 6-7  Februari 2018 yang lalu, bertempat di Balai Diklat BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan. Datang sebagai peserta pada kesempatan itu adalah perwakilan mahasiswa, perwakilan organda, perwakilan LSM, dan beberapa dosen di Makassar dan Sulbar.

  1. Focus Group Discussion: Penyusunan Modul Kita Bhinneka Tunggal Ika Foundation

Dalam rangka mempermudah jalannya proses belajar mengajar dari divisi edukasi dan mempermudah akses masyarakat untuk mengakses modul pelajaran nilai-nilai perdamaian Kita Foundation, maka dibuat FGD dengan tema “Kajian Nilai-Nilai Edukasi Perdamaian yang Terkandung di Dalam Nilai-nilai Kearifan Lokal Masyaraka Bugis Makassar” sebagai langkah awal di dalam proses penyusunan modul Kita Bhinneka Tunggal Ika Foundation. FGD bertempat di Kampung Buku di Jl. CV Dewi Makassar. Beberapa undangan merupakan perwakilan dari Sobat Budaya Makassar, teman-tema dari Kampung Buku dan beberapa perwakilan dari Kita Foundation.

  1. Kegiatan Kolaborasi

 

  1. Latihan Kelembagaan Tingkat Menengah (LKTM) BEM STMIK Dipanegara

Materi 12 Nilai Perdamaian dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut dari pagi sampai sore sebagai bagian dari materi pelajaran di dalam LKTM BEM STMIK Dipanegara periode tahun 2017.

  1. Ramadhan Ceria bersama Lazuardi School

Selama dua hari, 3-4 Juni 2017, KITA Foundation terlibat sebagai pemateri acara Ramadhan Ceria yang diselenggarakan oleh SD Lazuardi untuk mengajarkan anak-anak sedini mungkin tentang makna dari berperilaku damai di dalam kehidupan sehari-hari anak di lingkungan sekolah dan masyarakat.

  1. Showcase: Imagining the Future oleh Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI)

Pada tanggal 26 AGgustus 2017 yang lalu, Kita Foundation sebagai salah satu mitra kerja BaKTI berkesempatan mengisi dsalah satu booth di acara Showcase: Imagining the Futureyang diselenggarakanole BaKTI.  Acara Showcase: Imagining the Future merupakan acara yang menghadirkan  pembicara muda dan inspiratif untuk membahas gagasannya terkait ide untuk pembangunan daerah dan SDM dengan lebih baik dan ramah lingkungan.

  1. Indonesia Mengajar Goes to Community

Kolaborasi antara Indonesia Mengajar dan Kita Foundation melahirkan kegiatan yang diberi nama Bincang Kita Bersama Indonesia Mengajar. Agenda utama diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk sosialisasi sekaligus sharing beberapa alumni Indonesia Mengajar terkait proses penjaringan Pengajar Muda Indonesia Mengajar. Dirangkaikan dengan  diskusi dengan tema Merajut Tenun Kebangsaan, Menguatkan Indonesia oleh Shinta dan Therry dari Kita Foundaion.